Pengertian Internet dan Intranet

Pengertian Internet dan Intranet - Seperti yang kita ketahui bahwa Internet dan Intranet itu memiliki persamaan, yaitu merupakan suatu sistem komunikasi. Tetapi Internet dan Intranet juga memiliki perbedaan, mari kita simak mengenai Pengertian Internet dan Intranet di bawah ini.

Pengertian Internet

Kepanjangan dari Internet adalah Interconected Network. Internet merupakan sebuah sistem komunikasi global yang dapat menghubungkan komputer-komputer serta jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia.

Internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung keseluruh dunia tanpa mengenal batas tutorial, hukum dan budaya. Secara fisik dianalogikan sebagai jaringan laba-laba (web) yang menyelimuti bola dunia dan terdiri dari titik-titik (node) yang saling berhubungan.

Internet mempunyai dua peranan penting yaitu sebagai sumber data dan sumber informasi, serta sebagai sarana pertukaran data dan informasi, sebagai sumber informasi internet menyimpan berbagai jenis informasi dengan jumlah tidak terbatas. Sedangkan sebagai sarana pertukaran informasi, kita dapat bertukar informasi dari komputer satu dengan komputer lain tanpa dibatasi oleh jarak dan dapat dilakukan dalam waktu yang relatif cepat.

Supaya tetap teratur dan tidak terlalu bebas, internet diatur oleh perjanjian bilateral atau multilateral yang menerangkan tentang perpindahan data antarjaringan. Begitu juga dengan hal regristasi, ada badan khusus yang mengaturnya, yaitu IETF (Internet Engineering Task Force) yang terbuka untuk umum. IETF mengeluarkan dokumen yang dikenal dengan RFC (Request for Comments). Sebagai isi RFC dijadikan sebagai standar internet oleh Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board).


Pengertian Intranet

Intranet merupakan sebuah jaringan berbasis TCP/IP seperti internet akan tetapi digunakan pada wilayah yang kecil/terbatas dan digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dalam satu area. Dengan adanya intranet, informasi berupa berita, prosedur tertentu, atau kumpulan data dapat dimasukkan dalam sistem pusat informasi yang berdasarkan HTML. Dan informasi data yang diperoleh khusus bagi orang-orang yang terhubung.

Pada tahun 1995, intranet mulai diperkenalkan oleh penjual produk jaringan. Mereka menawarkan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan informasi perusahaan, yaitu dalam bentuk web. Di dalam jaringan intranet juga digunakan perangkat lunak internet, protocol TCP/IP, HTTP, sehingga jaringan intranet memiliki fasilitas yang dimiliki oleh intranet seperti e-mail, FTP, dan lain sebagainya.

1 komentar: